Teknik Perdagangan
online melalui Blogger
v
Pengertian Perdagangan Online
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis
dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan
oleh kelompok maupun individu, untuk mendapatkan laba/keuntungan dengan cara
memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
Sedangkan kata Online menurut kamus dan para ahli adalah suatu kegiatan
yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan
komputer lainnya. Pada dasarnya bisnis online juga biasa disebut Bo.
Bisnis Online saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi
kita baik yang di Indonesia maupun internasional, baik kita yang
kesehariannya terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Adapun definisi
yang Bisnis Online Indonesia berikan untuk Bisinis Online ini
seperti yang akan dijelaskan dibawah ini, akan tetapi yang jelas pelaku bisnis
ini memperolah keuntungan dari adanya internet.
Sebagian orang mendefinisikan bahwa
bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang
ditawarkan melalui media internet mulai dari bergabung, negoisasi hingga
kegiatan transaksinya, sebagai contoh jenis bisnis online yang marak kita jumpai
seperti hyip, ptc, ppc, multi level marketing dan
sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer.
Sedangkan menurut Bisnis Online Indonesia cenderung lebih setuju apabila bisnis online
didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau
seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis
bisnisnya dari mulai investasi, jasa, periklanan, hingga jenis
bisnis yang berupa lainnya. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketer
dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media
internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.
v
Manfaat Media Sosial dalam Perdagangan Online
Media sosial telah mengambil peran penting dalam
marketing sebuah komunitas bisnis mencapai sasarannya. Media sosial saat ini
menawarkan berbagai macam manfaat bagi pemilik bisnis. Platforms media sosial
seperti Twitter, Facebook, Blogger, dan beberapa platform media sosial
lainnya terus berevolusi dan berinovasi untuk menunjang kebutuhan dari pengguna
media sosial itu sendiri. Berbagai macam platform media sosial tersebut
mempunyai fungsi, fitur serta kegunaannya masing-masing. Terlebih dalam
mendukung untuk pengembangan bisnis.
Media sosial menjadi salah satu platform teknologi
yang sekarang ini mampu menjangkau konsumen dengan mudah. Kenapa? Karena
menurut Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian
Komunikasi dan Informatika mengungkapkan sekitar 63 juta masyarakat Indonesia
menggunakan internet, sebanyak 95 persen penggunaannya untuk sosial media yakni
facebook dan twitter. Tentunya melihat perkembangan pasar saat
ini terkait jumlah pengguna internet khususnya media sosial tersebut, Anda bisa
memanfaatkan Bisnis Online untuk meningkatkan pemasaran pada bisnis
Anda.
Sudah bukan rahasia lagi bahwa pengguna internet
di Indonesia semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Internet telah
memotong berbagai masalah jarak dan waktu dalam berinteraksi antar sesama
manusia apapun tujuannya. Berbagai kemudahan yang ditawarkan telah berimbas
kepada tumbuh pesatnya media sosial yang ada di Indonesia. Media
sosial sendiri, sebagai bagian dari internet telah membawa banyak perubahan
kepada komunitas sosial Indonesia, tidak terkecuali komunitas bisnis Indonesia.
Sesuai dengan namanya, media sosial merupakan perantara sesama manusia dalam
bersosialisasi dalam dunia internet.
Keberadaan internet yang mulai dimanfaatkan oleh
para pemilik modal untuk memenuhi kebutuhan informasi, informatika dan
menjalankan usaha perdagangan dengan cepat, tepat, praktis dan relatif murah
secara global dibandingkan lewat media konvensional begitu mahal ongkos
biayanya. Seiring berjalannya waktu peran media cetak mulai tergantikan dengan
new media / media baru (media online) dalam kehidupan masyarakat
kota-kota besar secara global. New Media / Media Baru (Media Online)
mulai diminati oleh khalayak karena dinilai jauh lebih praktis, modern, cepat,
tepat dan tingkat aktualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan media cetak
sehingga cocok untuk menunjang aktifitas warga yang sibuk dengan segala
aktifitas secara global.
v
Teknik Menjaring Pembeli.
1.
Buat konsep dulu.
·
siapa target customer kita?
·
apa saja produknya?
·
dari mana kita mendapat barang? Apakah membeli dari
supplier atau membuat sendiri?
·
dimana sajakah suplier produk yang cocok (barang dan
harga)?
2. investasi jangka panjang
keperluan toko online.
• Sebuah komputer yang
standby untuk urusan toko online kita
• Modem dengan sinyal yang
bagus, biaya internet terjangkau, dan lancar koneksinya..
• Handphone/telepon dengan
nomor khusus toko online, supaya ga tercampur dengan no telp pribadi.. (hari
ini kayaknya punya Blackberry adalah suatu keharusan untuk OL Shop… yang
ditanya bukan no telp, tapi Pin BB)
• Kamera digital dengan
kualitas foto yang cukup bagus buat menampilkan gambar produk kita. Hal ini
saya sarankan, karena rata-rata pembeli lebih suka gambar produk yang asli,
daripada gambar di katalog
• Oh ya, perlu punya no
rekening bank khusus untuk keperluan toko online, agar tidak tercampur dengan
rekening pribadi… dan pilih bank yang paling banyak dipakai oleh pembeli..
3. Buat toko online kita
terlihat profesional.
• barangnya ready stok, ga
perlu pake sistem PO (Pre-Order). Jadi pas kita pengen dan beli, barang ada.
Kalau barang pas habis, tercantum jelas, jadi gak nanyalagi.
• Navigasinya mudah, jadi
kalau cari barang, tahu kita harus klik yang mana.
• Gambar-gambar produk yang
ditampilkan jelas, bukan jepretan foto di katalog (fotonya pake kamera HP yang
ga jelas pula).
• Loadingnya cepet, jadi ga
kelamaan kalo pengen lihat produk.
• Sistem pembeliannya mudah
dan simpel, ga ribet.
• Tampilkan testimony dari
para pelanggan .
4. Informasi yang jelas dan
pasti.
• Berikan nomor handphone
(lebih bagus lagi no telp rumah) yang bisa dihubungi
• No rekening dan sistem
pembayaran
• Sistem pengiriman dan
perusahaan jasa pengiriman
• Tampilkan alamat yang
jelas dari tempat usaha Anda, sehingga pelanggan menjadi lebih mudah dalam
memberikan kepercayaan.
•
Buatlah akun pada situs pertemanan seperti facebook,
dan lain – lain.
v
Analisis SWOT Perdagangan Online melalui blog dan
facebook.
Untuk
melakukan bisnis seperti perdagangan atau bisnis lainya, tidak selalu harus
kita melakukan bisnis itu secara langsung. Yaitu dimana kita harus bertemu face
to face dengan pelanggan kita. Kini dalam dunia bisnis kita bisa
memanfaatkan berbagai sarana untuk memajukan bisnis yang sedang kita geluti.
Salah satunya dengan Memanfaatkan website atau blog untuk bisnis online. Karena
siapa saja bisa melakukan bisnis melalui internet ini untuk menambah
penghasilan karena tidak adanya keterikatan soal waktu dalam bekerja.
Media sosial menjadi salah satu platform teknologi
yang sekarang ini mampu menjangkau konsumen dengan mudah. Karena sekitar 63
juta masyarakat Indonesia menggunakan internet, sebanyak 95 persen
penggunaannya untuk sosial media yakni facebook dan twitter.
Tentunya melihat perkembangan pasar saat ini terkait jumlah pengguna internet
khususnya media sosial tersebut, Anda bisa memanfaatkan Bisnis Online
untuk meningkatkan pemasaran pada bisnis Anda.
1.
Berbisnis melalui blogger.
Dalam berbisnis melalui blog, yang harus dikuasai
terlebih dahulu tentunya bisa mengoperasikan atau menjalankan blog. Tentu dalam
mengelola sebuah web atau blog juga dibutuhkan keahlian agar bisa memiliki
popularitas supaya Anda bisa mendapatkan calon konsumen dari pengguna Internet
di Indonesia yang saat ini sudah menyentuh angka 60 – 70 juta pengguna.
Peluang
bisnis menggunakan blogger sangat praktis dan murah. Karena hanya menggunakan
sebuah website kita bisa berbagi dengan banyak pengguna internet. Karna
seseorang akan otomatis mencari apa yang dibutuhkannya di mesin pencarian di
internet. Jika sesuatu yang dia butuhkan sesuai dengan apa yang kita akan jual,
maka otomatis dia akan membaca apa isi yang ada di blog. Selain untuk
berbisnis, blog bahkan bisa digunakan untuk menjadi informasi atas apa yang
kita tuliskan di blogg kita.
Jadi
menurut penulis untuk menjalankan bisnis kita melalui media blogger lebih
efektif dari media media lainya. Dan selain prodak yang kita tawarkan kepada
para pelanggan kita, kita bisa berbagi informasi kepada mereka tentang apa yang
kita posting-kan.
2.
Berbisnis melalui
facebook.
Popularitas facebook yang semakin meningkat,
ternyata tidak disia – siakan para pelaku bisnis
online. Para pengguna facebook yang tersebar hingga ke berbagai
negara, dijadikan sebagai peluang pasar yang bagus bagi para pelaku bisnis.
Berbagai peluang bisnis berusaha
memasarkan produk mereka melalui situs jejaring tersebut. Di Indonesia,
popularitas facebook mampu bersaing dengan popularitas google.
Sebelum ada facebook, google menjadi tujuan utama
masyarakat saat menggunakan internet. Namun sekarang ketika orang menggunakan
internet, mereka cenderung lebih sering membuka facebook dibandingkan membuka
google. Hal ini memberikan prospek cerah bagi pelaku bisnis
online, untuk memasarkan produknya. Sebab selain menggunakan website
dan blog, mereka dapat memulai bisnis
online dengan facebook.
Setelah melakukan serangkaian beberapa bisnis
melalui blog, kita bisa banyak mencari pelanggan kita melalui situs facebook.
Karna dari beberapa keterangan, facebook merupakan salah satu media sosial yang
paling banyak dikunjungi selain twitter. Untuk itu, selain akan lebih banyak
orang yang mengetahui apa yang akan kita jual melalui blog, kita juga bisa
memanfaatkan facebook sebagai media ke dua untuk menjaring pelanggan kita.
v
Penutup
Blogger merupakan salah satu media sosial yang
memungkinkan untuk dijadikan perantara bisnis kita. Blog memungkinkan kita
berbagi pemikiran tentang berbagai hal dalam konteks yang lebih besar
dibandingkan media sosial lain. Oleh karna itu, blog bisa menjadi sangat efektif apabila kita jadikan
sarana bisnis online kita. Karna dengan tampilan yang indah pada blog, bisa
menjadikan pengunjung tertarik dengan apa yang kita post atau kita jual di
dalam blog kita. Namun fokus kita pada topik blog dapat membantu pembaca mengambil
manfaat dari blog kita sendiri.
Mengacu pada laporan socialbakers.com, facebook merupakan media sosial
dengan jumlah “fans” terbesar Indonesia. Ini berarti bahwa facebook
merupakan lahan yang memiliki potensi sangat menguntungkan untuk komunitas bisnis
terlepas pada efektif atau tidaknya pesan bisnis disampaikan melalui media
sosial facebook tersebut. Setelah kita mempromokan melalui blog kita tentang
apa yang akan menjadi bisnis kita, selanjutnya kita bisa mempromokannya melalui
fanspage di facebook agar lebih banyak orang yang mengetahui apa yang kita
promokan dan kita jual.
Sebagai sebuah fenomena, banyak yang berpikir
bahwa ada masanya peran media sosial untuk bisnis akan mengalami masa
keruntuhan. Terlepas dari itu semua, saat ini media sosial tetap pada posisinya
sebagai media bersosialisasi sekaligus media bisnis online. Sebagai pelaku
bisnis, tentu sudah menjadi tantangan bagi Anda untuk mengambil manfaat
sebesar-besarnya dari media sosial untuk kepentingan komunitas bisnis yang Anda
tekuni dengan cara yang tentunya etis dan cerdas.






.jpg)
0 komentar:
Posting Komentar