Sabtu, 14 Juni 2014

Teknik Perdagangan Online melalui Blogger


Teknik Perdagangan online melalui Blogger 
v    Pengertian Perdagangan Online
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individu, untuk mendapatkan laba/keuntungan dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata Online menurut kamus dan para ahli adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya. Pada dasarnya bisnis online juga biasa disebut Bo.
Bisnis Online saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi kita baik yang di Indonesia maupun internasional, baik kita yang kesehariannya terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Adapun definisi yang Bisnis Online Indonesia berikan untuk Bisinis Online ini seperti yang akan dijelaskan dibawah ini, akan tetapi yang jelas pelaku bisnis ini memperolah keuntungan dari adanya internet.
Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari bergabung, negoisasi hingga kegiatan transaksinya, sebagai contoh jenis bisnis online yang marak kita jumpai seperti hyip, ptc, ppc, multi level marketing dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer.
Sedangkan menurut Bisnis Online Indonesia cenderung lebih setuju apabila bisnis online didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai investasi, jasa, periklanan, hingga jenis bisnis yang berupa lainnya. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketer dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.
v    Manfaat Media Sosial dalam Perdagangan Online
Media sosial telah mengambil peran penting dalam marketing sebuah komunitas bisnis mencapai sasarannya. Media sosial saat ini menawarkan berbagai macam manfaat bagi pemilik bisnis. Platforms media sosial seperti Twitter, Facebook, Blogger, dan beberapa platform media sosial lainnya terus berevolusi dan berinovasi untuk menunjang kebutuhan dari pengguna media sosial itu sendiri. Berbagai macam platform media sosial tersebut mempunyai fungsi, fitur serta kegunaannya masing-masing. Terlebih dalam mendukung untuk pengembangan bisnis.
Media sosial menjadi salah satu platform teknologi yang sekarang ini mampu menjangkau konsumen dengan mudah. Kenapa? Karena menurut Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan sekitar 63 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet, sebanyak 95 persen penggunaannya untuk sosial media yakni facebook dan twitter. Tentunya melihat perkembangan pasar saat ini terkait jumlah pengguna internet khususnya media sosial tersebut, Anda bisa memanfaatkan Bisnis Online untuk meningkatkan pemasaran pada bisnis Anda.
Sudah bukan rahasia lagi bahwa pengguna internet di Indonesia semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Internet telah memotong berbagai masalah jarak dan waktu dalam berinteraksi antar sesama manusia apapun tujuannya. Berbagai kemudahan yang ditawarkan telah berimbas kepada tumbuh pesatnya media sosial yang ada di Indonesia. Media sosial sendiri, sebagai bagian dari internet telah membawa banyak perubahan kepada komunitas sosial Indonesia, tidak terkecuali komunitas bisnis Indonesia. Sesuai dengan namanya, media sosial merupakan perantara sesama manusia dalam bersosialisasi dalam dunia internet.
Keberadaan internet yang mulai dimanfaatkan oleh para pemilik modal untuk memenuhi kebutuhan informasi, informatika dan menjalankan usaha perdagangan dengan cepat, tepat, praktis dan relatif murah secara global dibandingkan lewat media konvensional begitu mahal ongkos biayanya. Seiring berjalannya waktu peran media cetak mulai tergantikan dengan new media / media baru (media online) dalam kehidupan masyarakat kota-kota besar secara global. New Media / Media Baru (Media Online) mulai diminati oleh khalayak karena dinilai jauh lebih praktis, modern, cepat, tepat dan tingkat aktualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan media cetak sehingga cocok untuk menunjang aktifitas warga yang sibuk dengan segala aktifitas secara global.
v    Teknik Menjaring Pembeli.
1.     Buat konsep dulu.
·         siapa target customer kita?
·         apa saja produknya?
·         dari mana kita mendapat barang? Apakah membeli dari supplier atau membuat sendiri?
·         dimana sajakah suplier produk yang cocok (barang dan harga)?
2.    investasi jangka panjang keperluan toko online.
       Sebuah komputer yang standby untuk urusan toko online kita
       Modem dengan sinyal yang bagus, biaya internet terjangkau, dan lancar koneksinya..
       Handphone/telepon dengan nomor khusus toko online, supaya ga tercampur dengan no telp pribadi.. (hari ini kayaknya punya Blackberry adalah suatu keharusan untuk OL Shop… yang ditanya bukan no telp, tapi Pin BB)
       Kamera digital dengan kualitas foto yang cukup bagus buat menampilkan gambar produk kita. Hal ini saya sarankan, karena rata-rata pembeli lebih suka gambar produk yang asli, daripada gambar di katalog
       Oh ya, perlu punya no rekening bank khusus untuk keperluan toko online, agar tidak tercampur dengan rekening pribadi… dan pilih bank yang paling banyak dipakai oleh pembeli..
3.    Buat toko online kita terlihat profesional.
       barangnya ready stok, ga perlu pake sistem PO (Pre-Order). Jadi pas kita pengen dan beli, barang ada. Kalau barang pas habis, tercantum jelas, jadi gak nanyalagi.
       Navigasinya mudah, jadi kalau cari barang, tahu kita harus klik yang mana.
       Gambar-gambar produk yang ditampilkan jelas, bukan jepretan foto di katalog (fotonya pake kamera HP yang ga jelas pula).
       Loadingnya cepet, jadi ga kelamaan kalo pengen lihat produk.
       Sistem pembeliannya mudah dan simpel, ga ribet.
       Tampilkan testimony dari para pelanggan .
4.    Informasi yang jelas dan pasti.
       Berikan nomor handphone (lebih bagus lagi no telp rumah) yang bisa dihubungi
       No rekening dan sistem pembayaran
       Sistem pengiriman dan perusahaan jasa pengiriman
       Tampilkan alamat yang jelas dari tempat usaha Anda, sehingga pelanggan menjadi lebih mudah dalam memberikan kepercayaan.
       Buatlah akun pada situs pertemanan seperti facebook, dan lain – lain.
v    Analisis SWOT Perdagangan Online melalui blog dan facebook.
Untuk melakukan bisnis seperti perdagangan atau bisnis lainya, tidak selalu harus kita melakukan bisnis itu secara langsung. Yaitu dimana kita harus bertemu face to face dengan pelanggan kita. Kini dalam dunia bisnis kita bisa memanfaatkan berbagai sarana untuk memajukan bisnis yang sedang kita geluti. Salah satunya dengan Memanfaatkan website atau blog untuk bisnis online. Karena siapa saja bisa melakukan bisnis melalui internet ini untuk menambah penghasilan karena tidak adanya keterikatan soal waktu dalam bekerja.
Media sosial menjadi salah satu platform teknologi yang sekarang ini mampu menjangkau konsumen dengan mudah. Karena sekitar 63 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet, sebanyak 95 persen penggunaannya untuk sosial media yakni facebook dan twitter. Tentunya melihat perkembangan pasar saat ini terkait jumlah pengguna internet khususnya media sosial tersebut, Anda bisa memanfaatkan Bisnis Online untuk meningkatkan pemasaran pada bisnis Anda.
1.             Berbisnis melalui blogger.
Dalam berbisnis melalui blog, yang harus dikuasai terlebih dahulu tentunya bisa mengoperasikan atau menjalankan blog. Tentu dalam mengelola sebuah web atau blog juga dibutuhkan keahlian agar bisa memiliki popularitas supaya Anda bisa mendapatkan calon konsumen dari pengguna Internet di Indonesia yang saat ini sudah menyentuh angka 60 – 70 juta pengguna.
Peluang bisnis menggunakan blogger sangat praktis dan murah. Karena hanya menggunakan sebuah website kita bisa berbagi dengan banyak pengguna internet. Karna seseorang akan otomatis mencari apa yang dibutuhkannya di mesin pencarian di internet. Jika sesuatu yang dia butuhkan sesuai dengan apa yang kita akan jual, maka otomatis dia akan membaca apa isi yang ada di blog. Selain untuk berbisnis, blog bahkan bisa digunakan untuk menjadi informasi atas apa yang kita tuliskan di blogg kita.
Jadi menurut penulis untuk menjalankan bisnis kita melalui media blogger lebih efektif dari media media lainya. Dan selain prodak yang kita tawarkan kepada para pelanggan kita, kita bisa berbagi informasi kepada mereka tentang apa yang kita posting-kan.
2.            Berbisnis melalui facebook.
Popularitas facebook yang semakin meningkat, ternyata tidak disia – siakan para pelaku bisnis online. Para pengguna facebook yang tersebar hingga ke berbagai negara, dijadikan sebagai peluang pasar yang bagus bagi para pelaku bisnis. Berbagai peluang bisnis berusaha memasarkan produk mereka melalui situs jejaring tersebut. Di Indonesia, popularitas facebook mampu bersaing dengan popularitas google.
Sebelum ada facebook, google menjadi tujuan utama masyarakat saat menggunakan internet. Namun sekarang ketika orang menggunakan internet, mereka cenderung lebih sering membuka facebook dibandingkan membuka google. Hal ini memberikan prospek cerah bagi pelaku bisnis online, untuk memasarkan produknya. Sebab selain menggunakan website dan blog, mereka dapat memulai bisnis online dengan facebook.
Setelah melakukan serangkaian beberapa bisnis melalui blog, kita bisa banyak mencari pelanggan kita melalui situs facebook. Karna dari beberapa keterangan, facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak dikunjungi selain twitter. Untuk itu, selain akan lebih banyak orang yang mengetahui apa yang akan kita jual melalui blog, kita juga bisa memanfaatkan facebook sebagai media ke dua untuk menjaring pelanggan kita.
v    Penutup
Blogger merupakan salah satu media sosial yang memungkinkan untuk dijadikan perantara bisnis kita. Blog memungkinkan kita berbagi pemikiran tentang berbagai hal dalam konteks yang lebih besar dibandingkan media sosial lain. Oleh karna itu, blog bisa  menjadi sangat efektif apabila kita jadikan sarana bisnis online kita. Karna dengan tampilan yang indah pada blog, bisa menjadikan pengunjung tertarik dengan apa yang kita post atau kita jual di dalam blog kita. Namun fokus kita pada topik blog dapat membantu pembaca mengambil manfaat dari blog kita sendiri.
Mengacu pada laporan socialbakers.com, facebook merupakan media sosial dengan jumlah “fans” terbesar Indonesia. Ini berarti bahwa facebook merupakan lahan yang memiliki potensi sangat menguntungkan untuk komunitas bisnis terlepas pada efektif atau tidaknya pesan bisnis disampaikan melalui media sosial facebook tersebut. Setelah kita mempromokan melalui blog kita tentang apa yang akan menjadi bisnis kita, selanjutnya kita bisa mempromokannya melalui fanspage di facebook agar lebih banyak orang yang mengetahui apa yang kita promokan dan kita jual.
Sebagai sebuah fenomena, banyak yang berpikir bahwa ada masanya peran media sosial untuk bisnis akan mengalami masa keruntuhan. Terlepas dari itu semua, saat ini media sosial tetap pada posisinya sebagai media bersosialisasi sekaligus media bisnis online. Sebagai pelaku bisnis, tentu sudah menjadi tantangan bagi Anda untuk mengambil manfaat sebesar-besarnya dari media sosial untuk kepentingan komunitas bisnis yang Anda tekuni dengan cara yang tentunya etis dan cerdas.



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites